Dekorasi Ruang Makan yang Nyaman dan Serasi

By | November 20, 2010

dining roomSeberapa pun ukuran sebuah rumah, tentu akan tetap terasa nyaman jika si empunya pandai menyiasati dekorasi ruangan tanpa meninggalkan fungsi dari ruangan tersebut. Salah satunya ruang makan yang juga kerap digunakan sebagai ruang kumpul keluarga.

Namun sering dijumpai ruang makan hanya digunakan jika ada acara keluarga atau saat akhir pekan. Sementara pada hari biasa, ruang tersebut terkesan ditinggalkan karena penghuninya lebih memilih mengambil lauk yang disajikan di atas meja makan, kemudian makan sambil menonton televisi di ruang lain. Situasi ini memungkinkan terganggunya pola komunikasi ideal yang baik.

Situasi di atas dapat terjadi karena faktor ketidak-nyamanan pada ruang makan. Bisa karena dekorasi yang monoton, atau karena terlalu banyak barang-barang yang ditempatkan di atas meja makan, sehingga meja makan sudah keluar dari fungsi utamanya.

Hal ini dapat disiasati dengan mendekorasi ulang tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Dekorasi dapat diawali dengan penggunaan taplak. Tidak sekadar polos, tapi dapat digantikan dengan taplak berbahan katun dan bermotif cerah.

Kemudian, bufet sebagai lemari tempat menyimpan makanan dan barang-barang pajangan, dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai unsur dekoratif yang menarik di ruang makan. Keluarkan koleksi barang pecah-belah Anda, pilihlah barang dengan motif dan bentuk yang unik, seperti piring dari keramik China, atau perkakas makan yang berwarna cerah, lalu tempatkan di atas bufet sebagai pajangan yang menarik.

Agar kursi makan tidak terkesan monoton, Anda dapat memilih cushion atau sarung jok dengan permainan motif serta bahan yang mudah dibersihkan. Jika diperlukan busa pada jok kursi dapat diganti, agar terasa empuk kembali.

Warna dinding ruang makan turut memengaruhi suasana saat makan bersama. Suasana akan terasa hangat, dan secara tidak langsung berpengaruh untuk selera makan yang baik, apabila warna yang dipilih adalah kelompok warna hangat dan terang, misalnya oranye, kuning, atau merah.

Penempatan cermin dalam ukuran besar pada dinding ruang makan, dapat menjadi focal point tersendiri. Tidak hanya menjadi elemen dekoratif yang menarik, tetapi mampu menyiasati ruang makan agar tampak lebih besar.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin suasana makan bersama keluarga terasa nyaman dan hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *